Skip to main content

Organisasi

ORGANISASI

Kesehatan
1.      Polindes
a.    Jumlah Polindes   : 1 buah
b.    Jumlah Bidan       : 2 orang
c.    Jumlah Perawat    : 0 orang

2.      Posyandu
a.       Jumlah Posyandu : 1 buah
b.      Jumlah Balita       :135 orang
c.       Jumlah Lansia      :200 orang
d.      Jumlah Kader       : 5 orang

3.      Jumlah Kelahiran dan Kematian
Tabel . Jumlah Kelahiran dan Kematian
Jumlah Kelahiran dalam 1 Bulan Juli
Jumlah Kematian dalam 1 Bulan Juli
4 orang
0 orang

4.      Cakupan Imunisasi
Pada bulan Juli
a.       Polio 1      : 25 orang
b.      Campak    : 18 orang
c.       HB 1        : 35 orang
d.      HB 2        : 33 orang
e.       HB 3        : 24 orang

5.      Pasangan Usia Subur
Jumlah pasangan usia subur         : 1225 orang


6.      KB (Keluarga Berencana)
Akseptor KB (Keluarga Berencana) adalah pengguna alat KB. Adapun akseptor KB yang digunakan oleh warga Desa Lantek Temor dalam satu tahun adalah sebagai berikut:

Tabel . Akseptor KB yang Digunakan Warga Lantek Temor
No
Jenis KB
Jumlah Akseptor KB
1.
Metode kontrasepsi spiral
0 orang
2.
Metode  kontrasepsi suntik
250 orang
3.
Metode kontrasepi pil
70 orang
4.
Metode kontrasepsi kondom
0 orang
5.
Metode kontrasepsi implan
20 orang
6.
Metode KB kalender
0 orang
7.
Jumlah akseptor KB
340 orang
8.
Jumlah PUS (Pasangan Usia Subur)  yang tidak menggunakan metode KB
885 orang


Gambar 2. Akseptor KB
Berdaarkan data  di atas disimpulkan bahwa warga Desa Lantek Temor sudah merespon baik penggunaan alat KB teruma menggunakan metode kontrasepsi suntik. Tetapi masih banyak jumlah PUS (Pasangan Usia Subur)  yang tidak menggunakan metode KB.

7.      MKCK

Fasilitas MKCK sudah ada pada masing-masing rumah penduduk di Desa Lantek Temor dengan keadaan yang sudah bagus tapi masih terdapat sebagian MKCK penduduk yang kondisinya kurang bagus.

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT DESA LANTEK TEMOR

SEJARAH SINGKAT  DESA LANTEK TEMOR
Legenda Desa Lantek Temor      Pada zaman dahulu ada seorang bangsawan bernama Kek Lesap / Ki Lesap melakukan perjalanan dari Gunung Sleret ke Gunung Geger. Dalam perjalanan kuda yang ditunggangi Kek Lesap berhenti. Kek Lesap Mencambuk kuda tunggangannya sampai kuda tersebut menerjang pohon asam di dekatnya. Kek Lesap sadar kudanya kelelahan dan haus. Kek Lesap pun mencari air untuk minum kudanya. Kek Lesap mencari kesana kemari tapi tidak menemukan mata air sedikitpun. Hingga akhirnya, kek Lesap menghantam tanah didepannya  dan seketika tanah itu mengeluarkan air, setelah selesai memberi minum kudanya Kek Lesap melanjutkan perjalanan. Seusainya Kek Lesap pergi mata air tersebut menjadi tumpuan air minum masyarakat sekitar dan diberi nama air sumur tantoh, mereka berbondong-bondong antri untuk mendapatkan air. Antri bahasa madura dari Adentek/ Laentek. Sehingga akhirnya daerah itu dinamakan Lantek. Pada Awalnya Desa Lantek sangat luas wilayahnya. kemud…

KKN 64

Deskripsi Desa

Desa ini bernama desa Lantek Timur, yang terletak di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, PulauMadura, Provinsi Jawa Timur, Negara Indonesia. Desa Lantek Timur ini, memiliki 5 Dusun yakni Dusun Bashorok, Dusun Nakeleng, Dusun Pererrengan, Dusun Masaran, Dusun Blibis. Desa Lantek Timur ini di kepalai oleh Bapak Klebun atau Bapak Kepala Desa yang bernama Bapak H. Hamdan. Beliau sudah menjabat menjadi Klebun semenjak tahun 1973. Terunjuk jabatan menajdi Klebun ini sudah turun temurun dari sanak keluarga. Sehingga, ketika Bapak Klebun sudah pensiun maka akan digantikan oleh anaknya atau saudaranya.  
Desa Lantek Timur memiliki fasilitas bagi masayarakat yang biasanya dipergunakan untuk keperluan masyarakat yakni memiliki jumlah Masjid di desa Lantek Timur ada 6 Masjid, kemudian Pustu (Posyandu Pembantu ) berjumlah 2 Pustu, dan memiliki Balai Desa sejumlah 1 Balai. Masjid ini tersebar disetiap dusun dari desa Lantek Timur itu sendiri, kemudian untuk Pustu berada di dusun Bashorok dan Pererr…