Skip to main content

Proker Utama

PELAKSAAN PROGRAM

           Kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kelompok 64 keliah kerja nayata di desa Lantek Timur :
 Pelaksanaan Program Utama 
1. Pelatihan Pembuatan Abon Rebong
Waktu                               : 16,17,21,22,23,27,28,29,30,31 Juli, 1 dan 2 Agustus 2016
Tempat                            : Desa Lantek timur Kecamatan Galis
Tujuan                              : Membantu untuk memberikan wawasan kepada ibu-ibu mengenai pemanfaatan sumber daya lokal dan pengolahannya khususnya rebung.
Metode pelaksanaan        :  masyarakat diundang dengan cara tim kkn 64 memberikan tester door to door.  Kemudian tim kkn 64 melakukan demo memasak abon rebung kepada masyarakat pada waktu yang telah ditentukan.
Sasaran                             :Masyarakat Desa Lantek Timur terutama ibu rumah tangga
Hambatan                         : pengumpulan masyarakat untuk mengikuti pelatihan
Solusi                                 : mengundang masayarakat dengan system door to door.
Hasil                                : Ibu-ibu cukup antusias mengikuti pelatihan demo memasak abon rebung  karena ibu-ibu bisa melihat secara langsung proses pembuatannya.
Penanggung jawab        : Husnul khotimah

2        Pembuatan Lampion
Waktu                               : 28 Juli 2016 pukul 10.00 – 11.30
 Tempat                             : MTS Nasyrul Ulum
Tujuan                               : Untuk mengasah kreativitas para siswa-siswi, dan untuk meningkatkan minat siswa-siswi dalam mengolah sumber daya yang ada di sekitar lingkungan desa Lantek Timur Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan menjadi produk yang kreatif dan memiliki nilai jual.
 Pemateri                             :Anggota program pembuatan lampion dan peserta lainnya dari Kelompok KKN 64
Metode pelaksanaan         :Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian proses pembuatan dipandu oleh pemateri dari Tim KKN 64
Sasaran                               : Siswa-siswi MTS Nasrul Ulum
Hambatan                           : Keterbatasan alat praktik (Lampu, kabel, saklar, dan fitting lampu), keterbatasan alat pemotongan dan alat pengamplasan merupakan hambatan utama dalam membuat lampion. Keterbatasan waktu yang diberikan pihak sekolah juga menjadi hambatan dalam pembuatan lampion ini.
Solusi                                  : Pemotongan dan pembentukan lampion dilakukan diluar jam sekolah. Kemudian perakitan dan finishing dilakukan di lingkungan sekolah, agar tidak mengotori lingkungan sekolah dan agar kondisi sekolah tetap kondusif.
Hasil                                  : Pelaksanaan kegiatan pembuatan lampion ini mendapatkan respon positif dari para Siswa/Siswi dan para guru di lingkungan MTS Nasrul Ulum. Hasil dari pembuatan lampion ini mampu meningkatkan kreativitas dan kerjasama antar siswa/siswi. Selain itu hasil pembuatan lampion ini dapat memberikan motivasi agar tetap berkarya sehingga selain dapat menunjukkan potensi desa juga dapat menjadikan sumber daya yang ada menjadi peluang usaha.
Penanggung jawab  : Azuan adipraja

3        pembuatan karinding
waktu                          : 28 Juli 2016 pukul 10.00 – 11.30
tempat                         : MTs Nasrul Ulum
tujuan                           : untuk mengenalkan alat music tradisional dari daerah jawa tengah yang terbuat dari bambu yang menjadi potensi yang paling banyak di desa lantek timur.
 Pemateri                      :Anggota program pembuatan lampion dan peserta lainnya dari Kelompok KKN 64
Metode pelaksanaan   :Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian proses pembuatan dipandu oleh pemateri dari Tim KKN 64
Sasaran                        : Siswa-siswi MTS Nasrul Ulum
Hambatan                    : pada waktu pelaksaanan kurangnya antuasnya siswa dengan di pengenalan dan pelatihan alat music tradisional ini. Karena mungkin masih asing dan dengan bentuknya sendiri yang tidak biasa. Jenis bamboo yang di butuhkan juga ternyata tidak sesuai dengan yang di perlukan. Sehingga tidak  bisa menghasilkan suara yang maksimal. Selain itu kurangnya alat dan kreatifitas dari para siswa di sekolah tersebut.
Solusi                            : dengan begitu menjadikan solusi sebagai gantungan kunci yang mana selain sebagai sebagai alat musih. Juga bermanfaat untuk sebagai aksesoris.
Hasil                             :  hasil dari apa yang di lakukan oleh siswa itu di jadikan sebagai gantungan kunci yang jumlahnya tidak sebegitu banyak.
Penanggung jawab     : Teguh Suriadi Prayogo

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT DESA LANTEK TEMOR

SEJARAH SINGKAT  DESA LANTEK TEMOR
Legenda Desa Lantek Temor      Pada zaman dahulu ada seorang bangsawan bernama Kek Lesap / Ki Lesap melakukan perjalanan dari Gunung Sleret ke Gunung Geger. Dalam perjalanan kuda yang ditunggangi Kek Lesap berhenti. Kek Lesap Mencambuk kuda tunggangannya sampai kuda tersebut menerjang pohon asam di dekatnya. Kek Lesap sadar kudanya kelelahan dan haus. Kek Lesap pun mencari air untuk minum kudanya. Kek Lesap mencari kesana kemari tapi tidak menemukan mata air sedikitpun. Hingga akhirnya, kek Lesap menghantam tanah didepannya  dan seketika tanah itu mengeluarkan air, setelah selesai memberi minum kudanya Kek Lesap melanjutkan perjalanan. Seusainya Kek Lesap pergi mata air tersebut menjadi tumpuan air minum masyarakat sekitar dan diberi nama air sumur tantoh, mereka berbondong-bondong antri untuk mendapatkan air. Antri bahasa madura dari Adentek/ Laentek. Sehingga akhirnya daerah itu dinamakan Lantek. Pada Awalnya Desa Lantek sangat luas wilayahnya. kemud…

KKN 64

Deskripsi Desa

Desa ini bernama desa Lantek Timur, yang terletak di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, PulauMadura, Provinsi Jawa Timur, Negara Indonesia. Desa Lantek Timur ini, memiliki 5 Dusun yakni Dusun Bashorok, Dusun Nakeleng, Dusun Pererrengan, Dusun Masaran, Dusun Blibis. Desa Lantek Timur ini di kepalai oleh Bapak Klebun atau Bapak Kepala Desa yang bernama Bapak H. Hamdan. Beliau sudah menjabat menjadi Klebun semenjak tahun 1973. Terunjuk jabatan menajdi Klebun ini sudah turun temurun dari sanak keluarga. Sehingga, ketika Bapak Klebun sudah pensiun maka akan digantikan oleh anaknya atau saudaranya.  
Desa Lantek Timur memiliki fasilitas bagi masayarakat yang biasanya dipergunakan untuk keperluan masyarakat yakni memiliki jumlah Masjid di desa Lantek Timur ada 6 Masjid, kemudian Pustu (Posyandu Pembantu ) berjumlah 2 Pustu, dan memiliki Balai Desa sejumlah 1 Balai. Masjid ini tersebar disetiap dusun dari desa Lantek Timur itu sendiri, kemudian untuk Pustu berada di dusun Bashorok dan Pererr…