Skip to main content

Pelaksanaan Program Tambahan

 Pelaksanaan Program Tambahan
1.        Pembuatan kompos
Waktu                         : Tanggal 25 Juli dan tanggal 31 Juli 2016
Tempat                      : Balai Desa Lantek Timur dan SDN Lantek Timur 1
Tujuan                       : Berbagi Informasi dan teknologi kepada para petani dalam memanfaatkan limbah kotoran ternak untuk bahan pembuatan pupuk kompos atau pupuk organic guna menyuburkan lahan pertanian di Desa Lantek Timur.
Pemateri                    : Anggota KKN 64 dan Dr. Achmad Amzeri, SP.,MP
Metode Pelaksanaan : Pembuatan kompos dilakukan pada tanggal 25 Juli 2016 bersama warga sekitar, kemudian pada tanggal 31 juli 2016 dilakukan sosialisasi system pertanian terintergrasi oleh Dr. Achmad Amzeri, SP.,MP sekaligus memberikan materi tentang pupuk kompos atau pupuk organic di lanjut praktek langsung pembuatan kompos dan bertanam jagung. Kegiatan sosialisasi pertanian terintergrasi dengan sosialsisai pembuatan kompos dilakukan secara bersamaan karena hal tersebut saling berhubungan.
Sasaran                       : seluruh masyarakat Desa Lantek Timur
Hambatan                 : pada waktu kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan kompos dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan kerapan sapi di Desa Lantek Timur sehinggan banyak warga yang pergi ke kerapan sapi akan tetapi masih banyak masyarakat yang antusias datang untuk menghadiri kegiatan sosialisasi dan pelatihan tersebut.
Solusi                         : Sebelum kegiatan tersebut dilakukan, anggota KKN 64 melakukan pendekatan kepada masyarakat sehingga ketika kegiatan tersebut dilaksanakan banyak masyarakat yang hadir karena masyarakat merasa tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Hasil                           : Kagiatan pelatihan pembuatan kompos yang bersamaan dengan sosialisasi pertanian terintergrasi berjalan dengan lancar, banyak masyarakat yang antusias hadir dalam acara tersebut.  Ketika persiapan untuk kegiatan pelatihan pembuatan kompos dalam mempersiapkan alat dan bahan, masyarakat sangat senang dalam membantu anggota KKN dalam mempersiapkan alat dan bahan seperti seresah, kotoran ternak dan tempat untuk pelatihan k pembuatan kompos. Masyarakat sekarang sudah mengetahui cara mengelola limbah kotoran ternak untuk pembuatan pupuk organic atau pupuk kompos.
Penanggungjawab     : Rendik Irfa’i

2.         pendidikan non formal
Waktu                         : 22 – 23 Juli 2016, 25 – 26 Juli, dan 30-31 Juli 2016
Tempat                       : Posko Tim KKN 64
Tujuan                       : Mengintegrasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan kepada para siswa-siswi sekolah dasar desa Lantek Timur kecamatan Galis kabupaten Bangkalan, dan Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak-anak dalam mempelajari dan memahami  materi pelajaran, serta memberikan penguatan atas materi yang telah dipelajari di sekolah.
Pemateri                    : Anggota program pendidikan non formal dan peserta lainnya dari Kelompok KKN 64.
Metode pelaksanaan : Peserta dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kelas dan tingkat pendidikan kemudian proses pembelajaran dipandu oleh pemateri dari Tim KKN 64.
Sasaran                      : Siswa-siswi desa Lantek Timur kecamatan Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan.
Hambatan                 : Keterbatasan alat praktik dan alat tulis merupakan hambatan utama dalam menjelaskan materi.
Solusi                         : Pemateri menjadi pemandu untuk memandu beberapa siswa menjadi beberapa bagian. Dalam pembagiannya siswa dikelompokkan tiap kelas agar pemateri mudah dalam menjelaskan materi.
Hasil                            : Pelaksanaan kegiatan ini mendapatkan respon positif dari orang tua desa Lantek Timur Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Mereka mempersilahkan anak-anaknya untuk mengikuti bimbingan belajar meskipun waktu bimbingan dilaksanakan pada malam hari. Hasil dari proses pembelajaran yang kami laksanakan mampu membantu anak-anak desa Lantek Timur untuk lebih memahami materi yang dipelajari disekolah. Selain itu dalam kegiatan ini juga memberikan motivasi bagi siswa-siswi agar selalu bersemangat dalam belajar.
Penanggung jawab    : Lugianto

3.         Pendidikan Formal
 Sekolah                      : SDN Lantek Timur 1
                       SDN  Lantek Timur 2
MTS Nasyrul Ulum
SMP Nurut Taufik
PAUD Nasyrul Ulum
TK Nasyrul Ulum
Waktu           :
Tabel 4.2.3.1 waktu pelaksanaan pendidikan formal
SDN Lantek Timur 1
SDN Lantek Timur 2
MTS Nasyrul Ulum
SMP Nurut Taufik
PAUD Nasyrul Ulum
TK Nasyrul Ulum
22 juli 2016
27 juli 2016
19 juli 2016
1 Agustus 2016

19 juli 2016
23 juli 2016
28 juli 2016

2 Agustus 2016

20 juli 2016
29 juli 2016
29 juli 2016



23 juli 2016
1 Agustus 2016
30 juli 2016



25 juli 2016





30 juli 2016

Tempat                       : SDN Lantek Timur 1
                       SDN  Lantek Timur 2
MTS Nasyrul Ulum
SMP Nurut Taufik
PAUD Nasyrul Ulum
TK Nasyrul Ulum
Tujuan                     : Membantu guru sekolah untuk mengajar siswa-  siswi disekolah.
Pemateri                    : Dwi Sukmaning Arinda Maetri
Siti Akilatul Z.
Eri Erviana
Lugianto
Sulistianingsi
Hesti Puspita Sari
Syaiful Bahri
NurRohma F.

Sasaran                     : Siswa-Siswi di Sekolah
Hambatan                  :Banyaknya siswa SD Lantek timur 1 dan 2 yang belum bisa menulis pada kelas 3 dan 4 dan kurangnya fsilitas yang memadai disekolah-sekolah.
Solusi                         : dalam satu kelas diisi 2-3 orang pengajar guna membantu siswa yang kurang aktif dan yang kesulitan dalam menulis pada anak SD serta menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti video, gambar, media rumah sehat dari bambu.
Hasil                          : Pelaksanaan kegitaan ini berhasil, para siswa-siswi memahami bagaimana cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar
Penanggung jawab  : Dwi Sukmaning Arinda Maetri

4.         Sosialisasi pertanian Terintegrasi
Waktu                        : 31 juli 2016 pukul 13.00 WIB- sampai selesai
Tempat                       :  Acara sosialisai pertanian terintregrasi dilaksanakan di SDN Lantek Timur 1
Tujuan                        : Program kerja ini diadakan untuk memberikan solusi bagaimana cara bercocok tanam dengan menggunakan metode yang sederhana dan mendapatkan hasil jagung yang berkualitas.
Pemateri                    : Program kerja pendukung dengan tema Sosialisasi Pertanian Terintregrasi adalah salah satu program yang di anggotai oleh kelompok KKN 64 dan pemateri dari dosen yaitu bapak Dr. Ahmad Amzeri S.P., M.P.
Metode                        : diskusi/ceramah
Sasaran                       : Masyarakat Desa Lantek Timur 1
Solusi                          : Pemateri mengajak para warga terjun lapang atau mempraktekkan langsung bagaimana cara menanam jagung yang benar
Hambatan                  : Program kerja ini berjalan dengan lancar namun memiliki beberapa hambatan. Beberapa hambatan muncul pada saat persiapan alat. Kendala lainnnya yang terjadi adalah adanya acara lain yang berlangsung di Kecamatan Galis yaitu pertunjukan karapan sapi serta acara pernikahan yang mengakibatkan warga banyak yang tidak dapat menghadiri acara sosialisasi yang dilaksanakan oleh kelompok KKN 64
Hasil                            : para warga banyak yang berinisiatif untuk menanam jagung yang baik dan berkualitas.  Selain terjun langsung kelapangan  terdapat juga PPT (Power Point ) yang ditayangkan oleh pemateri
Penanggung Jawab : Dinda Zamzamiyah

5.         Sosialisasi Kesehatan
Waktu                          : 23 juli 2016, 28 juli 2016. Pukul 09.00 s/d 10.30
Tempat                         :Halaman SDN Lantek Timur 1 dan SDN Lantek Timur 2
Tujuan                         : Menjelaskan pentingnya kesehatan dan tahapan mencuci tangan serta menyikat gigi dengan baik dan benar
Pemateri                       : Siti Akila Z.
Sasaran                        : Siswa-Siswi Kelas 1 A dan 1 B SD Negeri Lantek Timur
Hambatan                    : Kurangnya keinginan siswa dan siswi untuk mengikuti acara penyuluhan kesehatan  karena mereka masih aktif untuk bermain sendiri dan tidak  mau mendengarkan materi yang akan di bawakan oleh pengisi materi kesehatan. dan kurangnya air dalam lingkungan sekolah.
Solusi                            : Pentingnya pengarahan  untuk menghargai   orang  lain.
Dalam sebuah lembaga pendidikan seharusnya di lengkapi dengan fasilitas seperti toilet, tempat sampah  untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah .

Hasil                             : Pelaksanaan kegitaan ini berhasil, para siswa-siswi memahami bagaimana cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar
Penanggung jawab     : Romi Hariyadi

6.        Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Waktu                       : 29 Juli 2016
Tempat                      : PAUD Nasyrul Ulum
Tujuan                     : Mensosialisasikan pada masyarakat Lantek Timur tentang pentingnya pendidikan bagi mereka, khususnya pendidikan anak usia dini.
Sasaran                    : Masyarakat di Desa Lantek, Timur Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan
Hambatan                 : Anggaran dana yang minim, kendala dalam mengumpulkan warga karena para warga kurang tertarik dengan acara seperti ini, wawasan mereka kurang luas dengan pentingnya acara ini.
Solusi                         : Acara ini di konsep secara sederhana, kami melakukan pendekatan persuasif terlebih dahulu kepada para warga supaya mau mengikuti acara ini.
Hasil                           : Kegiatan ini berjalan lancar, meskipun ada beberapa kedala, akan tetapi hal tersebut dapat diatasi.
Penanggung jawab  : Eri Erviana

7.        Tasyakuran dan Tahlilan
Waktu                        : 5 Agustus 2016, Pukul 19.00
Tempat                         : Balai Desa Lantek Timur
Tujuan                         : Silaturahmi bersama warga desa lantek timur, Mempererat tali persaudaraan bersama warga desa Lantek Timur, Syukuran untuk perpisahan mahasiswa dan warga desa Lantek Timur serta sebagai ucapan terima kasih atas sambutan warga serta antusiasnya warga dalam setiap kegiatan KKN
Pemateri                       : Mubrir Yahya
Sasaran                        : Warga Desa Lantek timur
Hambatan                    : Jumlah warga yang datang pada acara Tasyakuran dan Tahlilan melebihi jumlah undangan.
Solusi                              : Menghidangkan kembali jamuan untuk tamu yang datang dengan membeli cemilan didekat balai desa
Hasil                             : Pelaksanaan kegitaan ini berhasil, para warga antusias dalam mengikuti acara.
Penanggung jawab     : Teguh Suriadi


Proram kerja lain-lain
1.        FGD (Forum Group Discussion)
Waktu                          : 15 Juli 2016
Tempat                        : Balai Desa (Posko KKN 64).
Tujuan                           : Memusyawarahkan program kerja KKN dengan aparat desa dan tokoh kyai selama berada di desa Lantek timur.
Pemateri                     : Syaiful Bahri (Kordinator Desa).
Sasaran                        : Perangkat desa, tokoh kyai, dan kepala sekolah.
Hambatan                     : Pada waktu pelaksanaan FGD yang akan dilaksanakan pukul 15.00-16.30 WIB terjadi hujan dan juga acara perkawinan. Acara perkawinan di Desa Lantek Timur memang sudah menjadi budaya setelah hari raya Idhul Fitri sehingga perangkat desa, tokoh kyai, dan kepala sekolah tidak bisa menghadiri acara FGD.
Solusi                            :  Memindahkan waktu pelaksanaan FGD Pukul 18.30 WIB.
Hasil                              : Acara FGD akhirnya terlaksana setelah waktu di pindah dan program kerja KKN tersampai Kepada aparat desa dan tokoh Kyai meskipun banyak juga yang tidak bisa hadir.
Penanggung jawab      : Syaiful Bahri

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT DESA LANTEK TEMOR

SEJARAH SINGKAT  DESA LANTEK TEMOR
Legenda Desa Lantek Temor      Pada zaman dahulu ada seorang bangsawan bernama Kek Lesap / Ki Lesap melakukan perjalanan dari Gunung Sleret ke Gunung Geger. Dalam perjalanan kuda yang ditunggangi Kek Lesap berhenti. Kek Lesap Mencambuk kuda tunggangannya sampai kuda tersebut menerjang pohon asam di dekatnya. Kek Lesap sadar kudanya kelelahan dan haus. Kek Lesap pun mencari air untuk minum kudanya. Kek Lesap mencari kesana kemari tapi tidak menemukan mata air sedikitpun. Hingga akhirnya, kek Lesap menghantam tanah didepannya  dan seketika tanah itu mengeluarkan air, setelah selesai memberi minum kudanya Kek Lesap melanjutkan perjalanan. Seusainya Kek Lesap pergi mata air tersebut menjadi tumpuan air minum masyarakat sekitar dan diberi nama air sumur tantoh, mereka berbondong-bondong antri untuk mendapatkan air. Antri bahasa madura dari Adentek/ Laentek. Sehingga akhirnya daerah itu dinamakan Lantek. Pada Awalnya Desa Lantek sangat luas wilayahnya. kemud…

KKN 64

Deskripsi Desa

Desa ini bernama desa Lantek Timur, yang terletak di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, PulauMadura, Provinsi Jawa Timur, Negara Indonesia. Desa Lantek Timur ini, memiliki 5 Dusun yakni Dusun Bashorok, Dusun Nakeleng, Dusun Pererrengan, Dusun Masaran, Dusun Blibis. Desa Lantek Timur ini di kepalai oleh Bapak Klebun atau Bapak Kepala Desa yang bernama Bapak H. Hamdan. Beliau sudah menjabat menjadi Klebun semenjak tahun 1973. Terunjuk jabatan menajdi Klebun ini sudah turun temurun dari sanak keluarga. Sehingga, ketika Bapak Klebun sudah pensiun maka akan digantikan oleh anaknya atau saudaranya.  
Desa Lantek Timur memiliki fasilitas bagi masayarakat yang biasanya dipergunakan untuk keperluan masyarakat yakni memiliki jumlah Masjid di desa Lantek Timur ada 6 Masjid, kemudian Pustu (Posyandu Pembantu ) berjumlah 2 Pustu, dan memiliki Balai Desa sejumlah 1 Balai. Masjid ini tersebar disetiap dusun dari desa Lantek Timur itu sendiri, kemudian untuk Pustu berada di dusun Bashorok dan Pererr…