Skip to main content

Sarana dan Prasaran

SARANA DAN PRASARANA DESA

Sosial Ekonomi
            Ekonomi merupakan bagian yang sangat berpengaruh bagi pertumbuhan suatu wilayah oleh karena itu di setiap sumber daya alam yang potensial dan dikategorikan sebagai unggulan perlu dikembangkan lebih lanjut dalam sentra-sentra produksi. Adapun unggulan yang potensial dapat dikembangkan di Desa Lantek Temorr dan menjadi modal dasar pertumbuhan wilayah adalah : pertanian, perdagangan, peternakan, industri kecil dan menengah, perkebunan dan pertukangan/bangunan.
Ketersediaan fasilitas-fasilitas sosial ekonomi dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Lantek Temor dapat dilihat dalam tabel. 5.1.

Tabel. Jumlah Fasilitas Sosial Ekonomi Desa Lantek Temor Tahun 2016
No
Fasilitas
Sarana
Jumlah
01
Lembaga Keuangan Mikro
Kopwan
1
Buah


Badan Kredit
0
Buah
02
Pasar
Bangunan Semi Permanen
0
Lokal
03
Usaha Jasa
Salon

Lokal


Hotel
-
Lokal


Counter Hp/Pulsa
2
Lokal


Meubel
-
Lokal


Loundry
-
Unit


Cuci Mobil
-
Lokal


Sablon
-
Lokal


Klinik Gigi
-
Lokal


Center Fitnes
-
Lokal
04
Perdagangan
Toko/warung
31
Lokal


Dealer
-
Lokal


Optik
-
Lokal
05
Peternakan
Lele
1
Lokal


Kelinci
-
Lokal


Jangkrik
-
Lokal


Kambing
56
Lokal


Sapi
132
Lokal
Sumber : Data survey sekunder Desa Lantek Temor Kecamatan Galis, Desember Tahun 2016

Sosial Budaya
Penyediaan fasilitas-fasilitas dalam rangka meningkatkan, peran, fungsi tatanan kehidupan masyarakat Desa Lantek Temor diantaranya:

Tabel . Jumlah Fasilitas Sosial  Desa Lantek Temor Tahun 2016
No
Fasilitas
Sarana
Jumlah
01
Keagamaan
Masjid
2
Buah


Mushalla
2
Buah


Pemakaman
4
Lokal


Gereja


02
Pendidikan
Paud
1
Lokal


TK
2
Lokal


SD/MI
3
Lokal


SMP/MTs
2
Lokal


SMA/SMK

Lokal


Yayasan

Lokal


Lembaga Kursus

Unit


Lapangan Desa

Unit
03
Fasilitas Umum
Pasar

Lokal


Terminal

Lokal


Kantor

Lokal


Radio

Lokal
04
Kesehatan
Poskesmas/Polindes

Unit


Posyandu
1
Unit


Klinik Bersalin

Lokal
05
Kelembagaan
Balai Desa
1
Unit
Sumber : Data survey sekunder Desa Lantek Temor Kecamatan Galis, Desember Tahun 2014

Transportasi dan Perhubungan Di Desa Lantek Temor
Transportasi merupakan salah satu unsur yang menentukan laju pertumbuhan ekonomi dan sosial pada suatu desa serta dapat mempengaruhi mobilitas informasi dan penduduk dari suatu Desa ke Desa lain.
Pada tahun 2016 total panjang jalan di Desa Lantek Temor adalah 9 Km yang merupakan jalan desa yang menghubungkan antara Dusun yang satu dengan Dusun yang lain. Sedangkan fungsi jalan yang ada dengan tingkatan arteri primer, lokal sekunder, serta jalan lingkungan. Jalan-jalan tersebut dengan fungsi hubung sebagai berikut :
a.       Jalan Arteri Primer yaitu jalan utama yang menghubungkan antara Desa Lantek Temor (Kecamatan Galis) dengan wilayah Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, Sampang, sampai ke Kecamatan.
b.      Jalan Lokal Primer yaitu jalan yang menghubungkan antara kota kabupaten Bangkalan dengan Kota-Kota Kecamatan.
c.       Jalan Lingkungan yaitu jalan yang menghubungkan antara perumahan penduduk di dalam satu kawasan pemukiman.

Telekomunikasi dan Informasi
Masyarakat Desa Lantek Temor sebagian besar untuk kebutuhan telekomunikasi pada saat ini menggunakan Jaringan Telepon Seluler dimana jaringannya sudah merata dan menjangkau kalangan masyarakat paling bawah.

Pengairan

Untuk mengoptimalkan lahan-lahan pertanian guna mendukung peningkatan produksi pertanian maka dilakukan penataan irigasi dengan tujuan agar semua lahan pertanian di Desa Lantek Temor bisa teraliri air.

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT DESA LANTEK TEMOR

SEJARAH SINGKAT  DESA LANTEK TEMOR
Legenda Desa Lantek Temor      Pada zaman dahulu ada seorang bangsawan bernama Kek Lesap / Ki Lesap melakukan perjalanan dari Gunung Sleret ke Gunung Geger. Dalam perjalanan kuda yang ditunggangi Kek Lesap berhenti. Kek Lesap Mencambuk kuda tunggangannya sampai kuda tersebut menerjang pohon asam di dekatnya. Kek Lesap sadar kudanya kelelahan dan haus. Kek Lesap pun mencari air untuk minum kudanya. Kek Lesap mencari kesana kemari tapi tidak menemukan mata air sedikitpun. Hingga akhirnya, kek Lesap menghantam tanah didepannya  dan seketika tanah itu mengeluarkan air, setelah selesai memberi minum kudanya Kek Lesap melanjutkan perjalanan. Seusainya Kek Lesap pergi mata air tersebut menjadi tumpuan air minum masyarakat sekitar dan diberi nama air sumur tantoh, mereka berbondong-bondong antri untuk mendapatkan air. Antri bahasa madura dari Adentek/ Laentek. Sehingga akhirnya daerah itu dinamakan Lantek. Pada Awalnya Desa Lantek sangat luas wilayahnya. kemud…

KKN 64

Deskripsi Desa

Desa ini bernama desa Lantek Timur, yang terletak di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, PulauMadura, Provinsi Jawa Timur, Negara Indonesia. Desa Lantek Timur ini, memiliki 5 Dusun yakni Dusun Bashorok, Dusun Nakeleng, Dusun Pererrengan, Dusun Masaran, Dusun Blibis. Desa Lantek Timur ini di kepalai oleh Bapak Klebun atau Bapak Kepala Desa yang bernama Bapak H. Hamdan. Beliau sudah menjabat menjadi Klebun semenjak tahun 1973. Terunjuk jabatan menajdi Klebun ini sudah turun temurun dari sanak keluarga. Sehingga, ketika Bapak Klebun sudah pensiun maka akan digantikan oleh anaknya atau saudaranya.  
Desa Lantek Timur memiliki fasilitas bagi masayarakat yang biasanya dipergunakan untuk keperluan masyarakat yakni memiliki jumlah Masjid di desa Lantek Timur ada 6 Masjid, kemudian Pustu (Posyandu Pembantu ) berjumlah 2 Pustu, dan memiliki Balai Desa sejumlah 1 Balai. Masjid ini tersebar disetiap dusun dari desa Lantek Timur itu sendiri, kemudian untuk Pustu berada di dusun Bashorok dan Pererr…