Skip to main content

Sosial Ekonomi


SOSIAL EKONOMI

Perekonomian Desa Lantek Temor
Kegiatan Sosial Ekonomi masyarakat Desa Lantek Temor yang merupakan pendukung utama terhadap perkembangan perekonomian masyarakat dan menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Kegiatan ekonomi yang berkembang di Desa Lantek Temor dipengaruhi oleh kegiatan sosial keagamaan yang sebagian besar diikuti oleh unsur pemuda, tokoh agama, kaum perempuan dan lain-lain dan dapat dijadikan wahana transfer pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat menjadi embrio bagi kelanjutan pembangunan Desa Lantek Temor.
Adapun sarana prasarana pendukung kegiatan ekonomi yang ada di Desa Lantek Temor diantaranya :
1)      Kegiatan pertanian tanaman pangan (padi, jagung, kacang tanah, dll.)
2)      Kegiatan perkebunan buah-buahan seperti mangga, dll.
3)      Kegiatan peternakan (sapi, kambing, ayam, dll.)
4)      Kegiatan perdagangan dan jasa
5)      Kegiatan industri rumah tangga,  dll.

Mata Pencaharian Masyarakat Desa Lantek Temor
Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Lantek Temor dapat teridentifikasi ke dalam beberapa bidang pencaharian seperti : Petani, Buruh tani, Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI, POLRI, Karyawan Swasta, Perdagangan, Pedagang, Pensiunan, Konstruksi, Buruh Harian Lepas, Guru, Peternakan, Wiraswasta yang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan konstribusi terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Desa Lantek Temor. Jumlah penduduk berdasarkan mata pencaharian dapat dilihat pada tabel 2 .



Tabel. Jumlah Penduduk Menurut Mata Pencaharian

Desa Lantek Temor Tahun 2014
No.
Mata Pencaharian
Jumlah ( orang )
1.
Petani
1.399
2.
Buruh Tani
28
3.
Buruh Swasta
-
4.
Pegawai Negeri Sipil
2
5.
Guru Negeri
3
6.
Guru Swasta
-
7.
ABRI
-
8.
Pedagang
95
9.
Tukang Kayu / Batu
8
10.
Peternak
3
11.
Karyawan Swasta
24
12.
Montir
1
13.
Perawat / Bidan
-
14.
Dokter
-
15.
Sopir
5
16.
Penjahit
2
17.
Pengrajin
6
18.
Jasa Angkut
5
19.
Pensiunan
2
Sumber : Data survey Potensi Ekonomi Desa Lantek Temor, Desember Tahun 2016

 Kesejahteraan Masyarakat Desa Lantek Temor
Dengan semakin berkembangnya jumlah penduduk secara otomatis juga dituntut terpenuhinya tingkat kesejahteraan masyarakat yang terdiri atas kesejahteraan sosial, tenaga kerja dan pemberdayaan perempuan.  Secara umum pelayanan dan penanganan kesejahteraan-sosial masyarakat melalui program-program bantuan secara langsung maupun dengan kegiatan program pemberdayaan masyarakat dan perempuan telah banyak disampaikan oleh pemerintah kepada masyarakat.
Program bantuan langsung dari pemerintah daerah maupun pusat diantaranya Program beras untuk keluarga miskin (Raskin), Program Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Jalan lain menuju kesejahteraan rakyat (Jalinkesra), Sedangkan Program bantuan dari pemerintah daerah maupun pusat dalam bentuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan perempuan diantaranya : Gerakan Terpadu Pengentasan Kemiskinan (Gerdu Taskin), Program Pemberdayaan Program Pembangunan Prasarana dan Sarana Desa Tertinggal (P3DT), Program Pengembangan Kecamatan (PPK), Bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP)  dan Pengembangan Usaha Agrobisnis Pertanian (PUAP).

Besarnya usia produktif  yang ada di Desa Lantek Temor yaitu 3.818 jiwa merupakan potensi tenaga kerja yang cukup untuk dikembangkan, dan sebagian besar usia produktif tersebut merupakan tenaga kurang terampil yang butuh pembinaan lebih lanjut sesuai dengan bidang yang ditekuni. Kegiatan pemberdayaan perempuan lebih cenderung aktif dalam kegiatan perkumpulan kelompok perempuan diantaranya Muslimat NU, Kelompok Wanita Tani (KWT) Asri, PKK Desa, Kelompok Usaha Simpan Pinjam

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT DESA LANTEK TEMOR

SEJARAH SINGKAT  DESA LANTEK TEMOR
Legenda Desa Lantek Temor      Pada zaman dahulu ada seorang bangsawan bernama Kek Lesap / Ki Lesap melakukan perjalanan dari Gunung Sleret ke Gunung Geger. Dalam perjalanan kuda yang ditunggangi Kek Lesap berhenti. Kek Lesap Mencambuk kuda tunggangannya sampai kuda tersebut menerjang pohon asam di dekatnya. Kek Lesap sadar kudanya kelelahan dan haus. Kek Lesap pun mencari air untuk minum kudanya. Kek Lesap mencari kesana kemari tapi tidak menemukan mata air sedikitpun. Hingga akhirnya, kek Lesap menghantam tanah didepannya  dan seketika tanah itu mengeluarkan air, setelah selesai memberi minum kudanya Kek Lesap melanjutkan perjalanan. Seusainya Kek Lesap pergi mata air tersebut menjadi tumpuan air minum masyarakat sekitar dan diberi nama air sumur tantoh, mereka berbondong-bondong antri untuk mendapatkan air. Antri bahasa madura dari Adentek/ Laentek. Sehingga akhirnya daerah itu dinamakan Lantek. Pada Awalnya Desa Lantek sangat luas wilayahnya. kemud…

KKN 64

Deskripsi Desa

Desa ini bernama desa Lantek Timur, yang terletak di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, PulauMadura, Provinsi Jawa Timur, Negara Indonesia. Desa Lantek Timur ini, memiliki 5 Dusun yakni Dusun Bashorok, Dusun Nakeleng, Dusun Pererrengan, Dusun Masaran, Dusun Blibis. Desa Lantek Timur ini di kepalai oleh Bapak Klebun atau Bapak Kepala Desa yang bernama Bapak H. Hamdan. Beliau sudah menjabat menjadi Klebun semenjak tahun 1973. Terunjuk jabatan menajdi Klebun ini sudah turun temurun dari sanak keluarga. Sehingga, ketika Bapak Klebun sudah pensiun maka akan digantikan oleh anaknya atau saudaranya.  
Desa Lantek Timur memiliki fasilitas bagi masayarakat yang biasanya dipergunakan untuk keperluan masyarakat yakni memiliki jumlah Masjid di desa Lantek Timur ada 6 Masjid, kemudian Pustu (Posyandu Pembantu ) berjumlah 2 Pustu, dan memiliki Balai Desa sejumlah 1 Balai. Masjid ini tersebar disetiap dusun dari desa Lantek Timur itu sendiri, kemudian untuk Pustu berada di dusun Bashorok dan Pererr…