Skip to main content

Tusuk Sate

USAHA KECIL MENENGAH
Tusuk Sate Desa Lantek Timur

Gambar 1. Wawancara Pemilik Usaha Tusuk Sate

Salah satu potensi desa yang ada di Lantek Timor yaitu produksi tusuk sate. Produksi tusuk sate ini menjadi usaha bagi Bapak Muri yang tergolong usaha kecil menengah. Berawal dari bekerja sebagai buruh kepada orang China yang ada di Surabaya, kemudian Bpk Muri ada perjanjian diantara beliau dengan orang China mengenai pekerjan, dan akhirnya Bpk Muri diberikan modal oleh orang Cina sebab sudah saling mempercainya, modal yang diberikan sebesar Rp 200.000,-  dari situlah Bpak Muri mengawali Usaha pada tahu 1993.
            Setelah Kelompok 64 Kuliah Kerja Nyata (KKN) universitas trunojoyo madura (UTM) mewawancarai Bpk Muri secara langsung di kediaman beliau pada tanggal 27 Juli 2016, kami banyak mendapatkan ilmu serta informasi.bahan baku tusuk sate yaitu bambu. Semua jenis bambu bisa digunakan sebagai bahan baku tusuk sate kecuali bambu ‘noreh’. Bambu-bambu yang digunakan yaitu bambu lokal yang didapatkan dari desa setempat (Lantek Timor dan Lantek Barat). Produksi tusuk sate dilakukan oleh Bpk Muri serta keluarganya dengan bantuan mesin sehingga dengan waktu singkat dapat memproduksi sesuai target dan kemampuan kerja beliau.
            Tusuk sate yang di produksi oleh bapak Muri biasa di jual pada pengepul yang biasanya di jual secara kiloan. Yang di jual keluar kota biasnya di jual dengan bermacam harga mulai dari Rp 14.000 per kilo, Rp 3000 sampai Rp 5000 perbungkus tusuk sate. Tusuk sate tersebut bisa laku ketika banyak orang luar kota yang memesan. Dalam 2 hari beliau dapat menghasilkan 70.000 tusuk sate dengan waktu yang cepat.
Gambar 2. Tusuk Sate Dijemur sebelum Dilancipkan


            Pengerjaan dilakukan dengan menggunakan mesin dan bahan baku bambu yang digunakan diambil langsung dari dua desa, yaitu desa lantek timur dan desa lantek barat. Kedua desa ini mempunyai sumber daya alam bambu yang melimpah. Tidak hanya melimpah, tetapi juga memiliki kualitas yang bagus. Hal ini menjadikan tusuk sate dijual dengan harga murah akan tetapi tidak murahan. Karena tetap memperhatikan kualitas. Untuk itu Jika anda berminat melakukan pemesanan tusuk sate ini dapat menghubungi langsung pemilik produksi. Bapak Muri 087849336623, 085331222287.









Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SINGKAT DESA LANTEK TEMOR

SEJARAH SINGKAT  DESA LANTEK TEMOR
Legenda Desa Lantek Temor      Pada zaman dahulu ada seorang bangsawan bernama Kek Lesap / Ki Lesap melakukan perjalanan dari Gunung Sleret ke Gunung Geger. Dalam perjalanan kuda yang ditunggangi Kek Lesap berhenti. Kek Lesap Mencambuk kuda tunggangannya sampai kuda tersebut menerjang pohon asam di dekatnya. Kek Lesap sadar kudanya kelelahan dan haus. Kek Lesap pun mencari air untuk minum kudanya. Kek Lesap mencari kesana kemari tapi tidak menemukan mata air sedikitpun. Hingga akhirnya, kek Lesap menghantam tanah didepannya  dan seketika tanah itu mengeluarkan air, setelah selesai memberi minum kudanya Kek Lesap melanjutkan perjalanan. Seusainya Kek Lesap pergi mata air tersebut menjadi tumpuan air minum masyarakat sekitar dan diberi nama air sumur tantoh, mereka berbondong-bondong antri untuk mendapatkan air. Antri bahasa madura dari Adentek/ Laentek. Sehingga akhirnya daerah itu dinamakan Lantek. Pada Awalnya Desa Lantek sangat luas wilayahnya. kemud…

KKN 64

Deskripsi Desa

Desa ini bernama desa Lantek Timur, yang terletak di Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, PulauMadura, Provinsi Jawa Timur, Negara Indonesia. Desa Lantek Timur ini, memiliki 5 Dusun yakni Dusun Bashorok, Dusun Nakeleng, Dusun Pererrengan, Dusun Masaran, Dusun Blibis. Desa Lantek Timur ini di kepalai oleh Bapak Klebun atau Bapak Kepala Desa yang bernama Bapak H. Hamdan. Beliau sudah menjabat menjadi Klebun semenjak tahun 1973. Terunjuk jabatan menajdi Klebun ini sudah turun temurun dari sanak keluarga. Sehingga, ketika Bapak Klebun sudah pensiun maka akan digantikan oleh anaknya atau saudaranya.  
Desa Lantek Timur memiliki fasilitas bagi masayarakat yang biasanya dipergunakan untuk keperluan masyarakat yakni memiliki jumlah Masjid di desa Lantek Timur ada 6 Masjid, kemudian Pustu (Posyandu Pembantu ) berjumlah 2 Pustu, dan memiliki Balai Desa sejumlah 1 Balai. Masjid ini tersebar disetiap dusun dari desa Lantek Timur itu sendiri, kemudian untuk Pustu berada di dusun Bashorok dan Pererr…