Skip to main content

Sejarah Singkat

SEJARAH SINGKAT DESA LANTEK TIMUR

 
Pada zaman dahulu ada seorang bangsawan bernama Kek Lesap / Ki Lesap melakukan perjalanan dari Gunung Sleret ke Gunung Geger. Dalam perjalanan kuda yang ditunggangi Kek Lesap berhenti. Kek Lesap Mencambuk kuda tunggangannya sampai kuda tersebut menerjang pohon asam di dekatnya. Kek Lesap sadar kudanya kelelahan dan haus. Kek Lesap pun mencari air untuk minum kudanya. Kek Lesap mencari kesana kemari tapi tidak menemukan mata air sedikitpun. Hingga akhirnya, kek Lesap menghantam tanah didepannya dan seketika tanah itu mengeluarkan air, setelah selesai memberi minum kudanya Kek Lesap melanjutkan perjalanan. Seusainya Kek Lesap pergi mata air tersebut menjadi tumpuan air minum masyarakat sekitar dan diberi nama air sumur tantoh, mereka berbondong-bondong antri untuk mendapatkan air. Antri bahasa madura dari Adentek/ Laentek. Sehingga akhirnya daerah itu dinamakan Lantek. Pada Awalnya Desa Lantek sangat luas wilayahnya. kemudian Desa Lantek dibagi menjadi 3 yaitu Desa Tlagah, Desa Lantek Temor dan Desa Lantek Barat. Desa Lantek Temor dibagi menjadi 5 dusun diantarannya:
  1. Dusun Perrengan
  2. Dusun Bhasoro’
  3. Dusun Masaran
  4. Dusun Nakelleng
  5. Dusun Belibis
Sejarah kepemimpinan Desa Lantek Temorr dipimpin oleh Abd. Somad sebelum tahun 1930, tahun kepemimpinan Kepala Desa yang pertama Desa Lantek Temor tidak diketahui secara pasti, saat ditanyakan kepada aparat Desa sudah banyak yang lupa preode Kepala Desa yang pertama. Preode yang kedua sejak tahun 1930. Sesuai dengan perkembangan keadaan dan kondisi masyarakat maka wilayah pemerintahan terdiri atas 4 Dusun. Setelah masa kepemimpinan berakhir bapak Abd. Shomad digantikan oleh Bapak H. Hamdan menjabat sebagai Kepala Desa mulai tahun 1973-sekarang.

Comments

Popular posts from this blog

KKN 64

Galeri

Produk Unggulan KKN 30 - Lantek Timur

Selama proses KKN di Desa Lantek Timur, mahasiswa berinisiatif untuk merancang produk unggulan yang memanfaatkan potensi desa. Potensi desa diantaranya adalah singkong, dan jagung. Dari kedua bahan tersebut terciptalah beberapa produk yang dapat meningkatkan nilai manfaat dan ekonomi bagi masyarakat.

1. Perkedel Kulit Singkong

2. Sirup Jagung

3. Abon Ampas Jagung